Back to School

PENTINGNYA MENJADI ORANG TUA CERDAS

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Ibu Fery Farhati selaku narasumber pada kegiatan webinar kembali ke sekolah, (15/7/2020) yang diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi DKI Jakarta menyampaikan pentingnya keberagaman kondisi Keluarga di Jakarta juga akan berimplikasi pada kebutuhan masing masing keluarga berbeda , orang tua butuh gambaran yang besar untuk mengelola rumah tangganya, mulai dari kesehatan anak, Pendidikan anak, kondidi psikologis keluarga, dan kondidi lainnya mana yg harus didahulukan.

Apa yang Bunda /Ayah rasakan selama mendampingi anak-anak sekolah dari rumah saat pandemi ini?, hasil nya akan bermacam macam, ada yang senang, pusing, jenuh, kerepotan dll.

Hal ini terjadi karena kita terbiasa dengan konsep anak harus sekolah dengan waktu tertentu.

Ketika kebiasaan ini berubah, akan muncul kebingungan, harus mengatur kehidupan rumah tangga, an anak sekolah dan kegiatan yang lain dalam waktu yang panjang.

Ketika dihadapan pada pilihan, apa yang harus dilakukan, kita orang tua harus menjadi orang tua yang cerdas, mempunyai lima nilai yang penting yaitu Cinta, semangat belajar, religius, visioner, kehadiran bagi anaknya.

Setiap orang tua harus ada dekat dengan anak-anak, saat anak mengalami kesulitan orang tua adalah orang pertama yang paling dekat harus ada membantu mereka. Kita Bersama sama harus membantu para orang tua menjadikan rumah sebagai tempat untuk tumbuhnya nilai-nilai cinta, sehingga interaksi dan kelekatan antara orang tua dan anak akan terbangun.

Bagaimana melibatkan orang tua dalam pendidikan anak? Ada banyak masukan dari sekolah-sekolah bahwa peran orang tua hanya menitipkan anaknya di sekolah. Saat ini dalam kondisi pandemic adalah saat yang tepat untuk menjalin Pendidikan antara, anak, orang tua dan sekolah secara bersama-sama mendidik anak-anak. Kemampuan yang perlu dimiliki anak, berpikir kritis, kolaborasi, kreatif dan komunikasi anatar orang tua dan anak, dimana karakter ini harus dilakukan sejak dini.

Kita harus secara bersama sama mendukung anak-anak kita agar mendapatkan kenyamanan belajar ditengah pandemi. Beberapa kegiatan seperti yang kami buat, yaitu program Teman di rumah, Bilik dongeng dan inisiatif masyarakat lainnya, merupakan kegiatan positip dan merupakan aksi baik yang masih bisa kita lakukan disaat pandemi ini. Harapan agar pemerintah bisa mengambil keputusan terbaik untuk masyarakat disaat pandemi ini, demikan disampaikan oleh Fery Farhati, Ketua TP PKK Prov DKI Jakarta di akhir penyampain materinya, agar para orang tua harus menjadi orang tua yang cerdas.

(P2/PA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *