Arahan Gubernur DKI Jakarta Terkait Vaksinasi di Jakarta

Gubernur Provinsi DKI Jakarta memberikan arahan kepada Kader PKK se-DKI Jakarta secara tatap layar (19 Juli 2021) dan live streaming di youtube channel dkijakarta. Situasi dan kondisi di Jakarta saat ini, menghadapi pandemi selama 1 ½ tahun, dimana kasus Covid-19 sedang tinggi-tingginya dan ada diangka lebih dari 100 ribu orang yang saat ini berstatus covid (kasus aktif), yaitu orang yang sudah terbukti lewat tes positif covid dan masih dalam perawatan baik itu isolasi mandiri atau isolasi terkendali maupun dirawat di Rumah Sakit.

Pertemuan pada hari ini kita akan membicarakan, bagaimana pandemi ini bisa selesai atau bisa terlewati dengan baik, yaitu menuju Imunitas tubuh terbangun untuk kekebalan tubuh kita, ada dua cara:

  1. Badan terinfeksi, akhirnya badannya punya pengalaman dengan virusnya, karena ada pengalaman dan itu disebut kekebalan tubuh, sehingga tubuh mengenali virus yang masuk kedalam tubuh dan akhirnya bisa sembuh.
  2. Dengan cara di Vaksin, kalau badan tervaksinasi maka badannya jadi mengenali virus Covid-19, atau latihan mengenal virus, ketika badan terinfeksi maka akan lebih terkendali, dan bisa lekas negative.

Dipastikan dengan cara vaksinasi, agar tubuh kita sudah bisa mengenali prilaku dan serangan virusnya seperti apa, jika sampai terpapar tidak menimbulkan gejala yang fatal. Sehubungan tersebut diatas mengharapkan kerja sama dimulai dari seluruh Tim Penggerak dari Tingkat Provinsi sampai pengurus Kelompok PKK tingkat RT, dan seluruh Kader Dasawisma, yang bisa menjadi pilar menjaga kesejahteraan keluarga yang mana dari Kader Dasawisma dapat memastikan keluarga-keluarga di Jakarta sehat waalfiat dan merasakan kesejahteraan. Kader PKK selama ini mejadi pilar untuk menjaga kesejahteraan keluarga.

Mari kita bersama lindungi keluarga-keluarga di Jakarta jangan sampai saudara kita banyak yang harus di rawat bahkan banyak yang wafat, dimana saat ini di berita-berita bahkan pengalaman pribadi  banyak sekali waga yang terpapar. Bagaimana kita menyelamatkannya…? mari kita bersama-sama PKK, Dasawisma dan pengelola RPTRA bergotong royong mendukung, mengedukasi dan mengajak para warga yang belum di vaksin untuk di vaksin, agar bisa terhindar dari bahaya yang fatal.

Para Tim Penggerak PKK serta Kader Dasawisma untuk menyegerakan Vaksin bagi dirinya dan orang-orang disekelilingnya (sanak keluarga serta kerabat).

Yuk kita cepat-cepat akhiri pandemi , yuk kita kembali beraktifitas , Yuk kita kirim anak-anak agar bisa bersekolah offline , dan mohon dukungannya agar kita bisa “Selamatkan warga Jakarta”, “ Selamatkan Keluarga kita”, Menyelamatkan anak-anak kita, saudara -sudara kita , orang tua kita dengan cara mempercepat Vaksinasi.

Saat ini pemerintah sudah bergerak bekerja sama mulai dari Kecamatan /Kelurahan/ Tim medis / Pukesmas / Pelayanan Kesehatan di wilayah terkait menyediakan tempat, menyediakan Vaksin dan tenaganya  untuk dapat melayani warga masyarakat di Vaksin.

Data mereka yang sudah di vaksin untuk menjadi kasus positif itu sedikit sekali, ada tapi hanya sedikit dengan angka ada di 0,3 % dan kalau sudah mendapat vaksin ke 2 maka kasusnya ada di angka 0,01 %, jadi diinfokan yang sudah tervaksin sudah terlindungi dibanding mereka yang belum tervaksin begitu pula untuk di tingkat kematian mereka yang sudah tervaksin itu jauh lebih aman dibanding yang belum di vaksin.

Gerakkan Vaksin akan di mulai di setiap kelurahaan dan ditargetkan 1 hari untuk melakukan vaksin bagi 1000 orang per kelurahan, oleh karena itu saya memohon untuk paraTim Penggerak dan Kader Dasawisma untuk bersama-sama bisa mengerakkan 1000 warga per Kelurahan untuk bisa di vaksin. Diharapkan per RW bisa mencapai target, misalnya ada 100 warga, ada 10 RT maka dari setiap RT ada 10 orang yang akan di vaksin setiap harinya, untuk teknis nya nanti dari kelurahan akan mengatur sehingga kita bisa bersama-sama mencapai target perharinya.

Mempercepat Program Vaksinasi dilakukan agar Jakarta warganya bisa terlindungi dan kita lakukan agar bisa melewati masa pandemic dan bisa lekas kembali beraktiftas normal, targetkan semua warga dari usia diatas 12 tahun keatas bisa mengikuti kegiatan vaksin. Yuk kita ikuti vaksin ini berbondong-bondong, ajak masyarakat dengan target semua orang usia diatas 12 tahun. Kami mohon dukungan, bantuan untuk menggerakkan semua agar bisa di vaksin.

 “Makin banyak orang yang sudah tervaksin semakin sedikit orang yang positif, semakin sedikit orang yang positif maka cepat pandemi ini selesai, kalau orang yang divaksin sedikit maka orang positif akan semakin banyak dan akhirnya kasus pandemi tidak lekas selesai”

Kader PKK akan dibuatkan bahan-bahan untuk sosialisasi, termasuk bahan-bahan mencegah berita hoax. Mari kita selamatkan orang tua, keluarga kita untuk di vaksin. Target 1000 orang/Kelurahan perhari, Yuk gotong royong selamatkan keluarga Jakarta, Yuk gotong royong, selamatkan warga Jakarta dan semoga pandemi bisa selesai.

Begitu kader Dasawisma bergerak, capaian angka vaksinasi akan melonjak, begitu dasawisma bergerak angka vaksinasi akan meningkat.

Salam hormat dari Balaikota – Gubernur DKI Jakarta

 

 

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *